0
1149 x

Gaji menjadi hal yang paling sensitif untuk dibicarakan setelah kita melewati tahap wawancara kerja. Pastikan Anda menyiapkan fisik dan juga mental saat melewati tahap ini. Jika Anda benar-benar berharap memperoleh gaji yang lebih tinggi dari pekerjaan sebelumnya, maka komunikasikan hal tersebut dengan baik.

Jangan terlihat gugup ataupun panik. Seperti dilansir dari Business Insider, negosiasi gaji merupakan kunci memperoleh bayaran yang lebih tinggi saat wawancara. Untuk lebih jelasnya, Jim Hopkinson, penulis buku “Salary Tutor: Learn the Salary Negotiation Secrets No One Ever Taught You” mengajukan beberapa cara untuk mendapat gaji yang lebih tinggi. Berikut kelima cara cepat naik gaji versi Hopkinson saat wawancara kerja:

  1. Tunda semua pembicaraan khusus mengenai gaji, sampai Anda merasa perusahaan membutuhkan Anda untuk bekerja di sana. Itu berarti Anda sebaiknya menghindari untuk bertanya soal gaji saat melamar kerja dan selama wawancara.
  2. Sebagai pelamar kerja, jangan pernah memulai pembahasan soal gaji terlebih dulu.
  3. Saat pewawancara menanyakan soal gaji, gunakan metode tarik ulur hingga Anda memperoleh target bayaran Anda.
  4. Gunakan jeda efektif dalam percakapan, karena kebanyakan orang cenderung bicara untuk mengisi kekosongan tersebut dan bisa membahas informasi penting, khususnya soal gaji Anda.
  5. Masih banyak tunjangan yang lebih penting dari gaji. Ingatlah keuntungan-keuntungan lain dari pekerjaan baru seperti jabatan yang lebih baik, waktu yang lebih longgar, lebih banyak liburan, bonus, jaminan pendidikan dan perjalanan gratis.

Ingatlah, negosiaasi gaji di awal pekerjaan sangat penting. Hal tersebut mempengaruhi pendapatan Anda kedepannya. Salah satu hal yang membuat kebanyakan pria berpendapatan lebih tinggi dari wanita adalah karena mereka tak bernegosiasi sejak awal bekerja.

Sumber: Liputan6.com